DANNY DWI IRWANTO

Saturday 16 March 2013

Windows 8: Akses Search, Sharing dan Settings dengan Charms Bar

charms bar


Salah satu perubahan yang sangat menyolok pada Windows 8 adalah Charms Bar. Mari kita intip sekilas fungsi apa saja yang ditawarkan oleh Charms Bar.
  1. Pada sisi kanan layar komputermu, kamu bisa melihat Charms Bar. Kamu juga bisa mengakses Charms Bar dengan menggunakan tombol Win+C. Charms Bar punya 5 tombol, yaitu Search, Share, Start, Devices, dan Settings. Di sisi kanan, kamu juga melihat panel notifikasi yang menampilkan waktu, tanggal, dan hari, koneksi Internet, dan status baterai.
  2. Di mana pun posisimu ketika kamu berada di sistem, kamu bisa selalu mengakses Charms Bar. Fungsi Search dapat digunakan untuk mencari segala hal yang ada di komputer, mulai dari aplikasi sampai pengaturan. Buka Search app, lalu ketikkan item yang akan kamu cari.
  3. Klik tombol Share untuk menampilkan opsi share pada aplikasi yang berjalan.
  4. Klik tombol Start untuk menuju Start Screen.
  5. Klik Devices untuk mengakses dan mengubah pengaturan Devices yang terhubung ke komputer.
  6. Klik Settings untuk mengakses 6 macam preferensi sistem untuk mengakses berbagai pengaturan PC, seperti WiFi, Audio, Brightness, Notifications, Power dan Language.
  7. Charms Bar hanya menampilkan aplikasi yang terkait dengan pengaturan dan opsi lainnya. Contoh, ketika mengakses Charms bar dari Start Screen, kamu bisa menentukan berbagai macam Tiles yang akan kamu tampilkan pada Start Screen.
  8. Klik Tiles dari Settings bar untuk menemukan pengatur Show administrative tools, dan Clear Personal Information from my tiles.
  9. Pada Charms bar, kamu juga bisa mengakses opsi tertentu pada aplikasi metro. Contoh, Mail app memungkinkanmu menampilkan akun dan menambahkan akun baru. Kamu juga bisa menentukan Permission pada Mail app untuk menampilkan status pesan dan notifikasi.

0 komentar:

Post a Comment